Pasca-Penembakan, Abepura Masih Mencekam

Jum'at, 03 Desember 2010 17:03 wib | Nurlina Umasugi - Okezone

Foto: Nurlina Umasugi (okezone) Foto: Nurlina Umasugi (okezone) JAYAPURA – Situasi Kampung Tanah Hitam, Kamkey, Distrik Abepura, Papua pasca-penyisiran yang dilakukan aparat gabungan TNI dan Polri, pagi tadi, hingga saat ini masih mencekam.
 
Warga sekitar mengaku takut dan trauma akibat penyisiran yang menyebabkan satu warga sipil tewas tertembak.
 
“Kita trauma, saat ini kita takut keluar rumah karena takut ada peluru nyasar,” ujar vina warga Kampung Kampkey, Abepura, Papua kepada okezone di Jayapura, Jumat (3/12/2010).
 
Wanita dua anak ini, mengaku tak ingin keluar rumah hingga situasi di sekitaran kampung Kamkey, Abepura benar-benar aman dan kondusif .
 
Senada dengan Vina, Pikey warga sekitar juga mengaku trauma dengan penyisiran yang dilakukan aparat gabungan tersebut. Diakui Pekey sebelumnya dia tak tahu akan ada penyisiran di sekitaran tempat tinggalnya. Dan tiba-tiba sudah terdengar bunyi suara tembakan.
 
“Tadi sekitar pukul 12.30 WIT, tiba-tiba terdengar suara rentetan tembakan. Tau-taunya ada kontak senjata aparat dengan orang yang dikejar, kita langsung masuk rumah, karena takut peluru nyasar,” papar Pekey.
 
Sebelumnya, Jumat pagi tadi aparat gabungan TNI dan Polri melakukan penyisiran di sebuah rumah yang diduga menjadi sarang anggota TPN/OPM di kampung Kamkey, Abepura, Kota Jayapura, Papua.
 
Dari penyisiran tersebut, aparat menemukan dua dus berisikan amunisi jenis SS 1 serta dokumen-dokumen target wilayah yang akan dijadikan sasaran oleh TPN/OPM.
 
Saat penyisiran itu, lima warga sipil tertangkap saat hendak mengambil amunisi tersebut. Sempat terjadi aksi baku tembak antara ke-lima warga tersebut dengan aparat gabungan. Satu warga diketahui bernama Hiron Weitipo tewas tertembak. Satu di tangkap dan diamankan di Polresta Jayapura ssedangkan tiga lainnya masih dalam pengejaran.
 
Hingga sore ini, sebanyak dua pleton aparat gabungan TNI dan Polri masih berjaga-jaga di sekitar kawasan kampung Kamkey, Tanah Hitam, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Papua.
(teb)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA ยป