Bandung SkyBridge, Transportasi Gantung Pertama di Asia

Selasa, 12 Juni 2012 15:47 wib | Iman Herdiana - Okezone

Gambar proyek BSB (Foto: Okezone/Iman Herdiana) Gambar proyek BSB (Foto: Okezone/Iman Herdiana) BANDUNG - Cable car Bandung SkyBridge (BSB) diklaim satu-satunya kereta gantung yang dijadikan alat transportasi massal di Asia.

“Bukan hanya di Indonesia atau Asia Tenggara, tapi di seluruh Asia baru Bandung yang menjadikan kereta gantung sebagai transportasi publik,” jelas Dirut PT Aditya Dharmaputra Persada Sandjaya, Susilo, Selasa (12/6/2012).

Hal itu diungkapkan Susilo saat memberikan sambutan dalam acara pencanangan cable car BSB di Stasiun BSB Ateja Land Lestari, Jalan Pasteur 196.

Dia berharap, kota-kota besar lainnya di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, dan Medan, juga akan membangun kereta gantung sebagai sarana transportasi.

Cable car ini merupakan sistem transportasi ramah lingkungan karena tidak mengeluarkan emisi. Selain itu, tidak bising,” sambung Susilo.

Di tempat yang sama, Pelaksana tugas (Plt) Kadishub Bandung, Ubad Bachtiar, mengungkapkan BSB mampu menjadi solusi kemacetan sebagai dampak pertumbuhan kendaraan bermotor.

Menurutnya, saat ini pertumbuhan kendaraan bermotor di Bandung mencapai 11 persen per tahun.

Tidak hanya itu, dengan adanya cable car ini diharapkan bisa mengurangi kemacetan yang disebabkan oleh keluar-masuk kendaraan dari luar Kota Bandung melalui jalan tol yang mencapai 15 ribu per hari.
(ton)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA ยป