Lokasi Tambang Emas yang Longsor di Sukabumi Akan Ditutup

Rabu, 12 Desember 2012 09:19 wib | Wildan Topan - Sindo TV

Pencarian korban longsor (Ilustrasi, Foto: Koran SI) Pencarian korban longsor (Ilustrasi, Foto: Koran SI) SUKABUMI - Bupati Sukabumi, Sukmawijaya, akan menutup petambangan emas ilegal di Gunung Buled, Cicadas, Desa Sinarresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Sukma, saat meninjau lokasi longsor, Rabu (12/12/2012), menjelaskan, lokasi pertambangan rawan longsor dan membahayakan. Pertambangan akan ditutup hingga aspek legalnya terpenuhi.

Dia mengaku baru mengetahui ada aktivitas pertambangan di daerah tersebut. Aktivitas pertambangan sendiri sudah dimulai sejak sebulan terakhir.

Kepala Desa Sinaresmi, Ujang, menegaskan, sebelum longsor terjadi pihaknya sudah memberi peringatan kepada para penambang bahwa daerah tersebut rawan bencana. Apalagi, belum ada izin dari otoritas setempat.

Menurut Ujang, mayoritas penambang berasal dari luar Desa Sinaresmi, seperti dari Banten dan Sukabumi Selatan.

Sementara itu, tim SAR gabungan bersama warga pagi tadi kembali melanjutkan pencarian. Tim dibagi beberapa kelompok, ada yang mencari di timbunan material dan lainnya menyisir Sungai Cipanengah.

Medan perbukitan yang terjal dan hujan sempat menyulitkan pencarian. Berdasarkan data terakhir, tiga orang tewas, 10 orang luka, dan 13 penambang selamat.
(Wildan Topan/Sindo TV/ton)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA ยป